SEBUAH CATATAN KECIL PASCA KONAS II PERSAKMI DI SURABAYA 2008

Buat teman-teman SKM seluruh indonesia silahkan kunjungi Komunitas Profesi Kesmas yang merupakan wadah pengembangan profesi Sarjana Kesehatan Masyarakat…. di : http://persakmi-online.web.id/

oleh : Hario Megatsari

Event besar organisasi kesarjanaan Sarjana Kesehatan Masyarakat baru saja berakhir kemarin (10 Agustus 2008). Sebagai salah satu bagian dari sarjana kesehatan masyarakat kita semua patut bersyukur dengan hasil-hasil yang telah dicapai dalam KONAS II Persakmi kemarin, meskipun dalam perjalanannya panitia KONAS II Persakmi menemui kendala-kendala yang cukup berarti. Tidak ada sesuatu yang besar didapat dengan usaha yang mudah. Dari hasil KONAS II Persakmi tersebut, SKM yang selama ini hanya menjadi warga kelas dua dalam dunia kesehatan, diharapkan akan dapat berbicara dan mengambil peran sesuai dengan porsinya.

Ada beberapa catatan kecil yang bisa dihasilkan dari kegiatan KONAS II Persakmi.:

(1) Antusiasme teman-teman SKM terhadap keberadaan organisasi kesarjanaan ini masih rendah, hal ini bisa dilihat dari rendahnya tingkat partisipasi SKM dalam KONAS II Persakmi. Perlu diketahui panitia menyebarkan undangan ke 33 dinas kesehatan provinsi di Indonesia 1 bulan sebelum hari H melalui berbagai macam media komunikasi (pos surat, email, telepon), dan dari ke 33 dinas kesehatan provinsi tersebut yang merespon tidak sampai melebihi jumlah jari tangan manusia.

(2) 5 Perguruan tinggi di Indonesia yang mengawali lahirnya Fakultas Kesehatan Masyarakat (UI, Unair, Undip, Unhas dan USU) juga tidak merespon dengan positif adanya kegiatan KONAS II Persakmi ini. Dari 5 perguruan tinggi tersebut hanya ada 2 perguruan tinggi yang mengirimkan wakilnya (Unair dan Undip) itupun dengan jumlah yang sedikit. Seharusnya, dari kaca mata saya, 5 perguruan tinggi ini bisa menjadi motor bagi pergerakan Persakmi di masa yang akan datang, karena perguruan tinggilah yang paling bertanggung jawab terhadap kualitas SKM di dunia kerja.

(3) Rekan-rekan mahasiswa yang membantu pelaksanaan KONAS II Persakmi kali ini merupakan individu-individu penerus dalam organisasi Persakmi ini. Tidak dapat dipungkiri lagi suksesnya acara KONAS II Persakmi kemarin tidak bisa dilepaskan dari peran rekan-rekan mahasiswa dalam mengoperasionalkan konsep-konsep yang sudah dibuat oleh panitia SC KONAS II Persakmi.

(4) Adanya niat baik dari seluruh peserta KONAS II Persakmi, saya rasa juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan penyelenggraan KONAS II Persakmi. Jika para peserta KONAS II Persakmi kemarin hanya mementingkan kepentingan daerah masing-masing, niscaya kesepakatan-kesepakatan penting tidak akan lahir, dan yang akan terjadi justru kemunduran bagi organisasi.            Dari beberapa catatan diatas dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan KONAS II Persakmi kemarin ada sisi positif dan negatifnya. Kedepan PP Persakmi yang baru terbentuk harus segera mensolidkan SKM-SKM yang ada di masing-masing daerah, khususnya rekan-rekan SKM yang bergerak di dunia akademisi (staff pengajar/dosen). Semoga dengan kepengurusan PP Persakmi yang baru ini dapat menjadi embun penyejuk bagi rekan-rekan SKM di tengah kerasnya persaingan dunia kerja saat ini, dan dapat menjadikan status kesehatan masyarakat pada umumnya menjadi lebih baik. (HM)

3 Tanggapan

  1. Apakah di Banggai telah terbentuk Persakminya. Mari kita bentuk persakmi masing-masing cabang, agar segera nampak geliatnya SKM. Review juga blog kami persakmi tulungagung

    • Sebagai tindak lanjut Konas II PERSAKMI, maka kami akan melakukan Pertemuan Forum Ilmiah Pengembangan Profesi SKM dan Munaslub yang akan diadakan di Semarang pada tanggal 8-9 Agustus 2009. silahkan kirim tanggapan ke persakmi@gmail.com.

  2. sahabat sejawat, motivasi SKM ibarat gunung es, yang sahabat lihat sebagian motivasi puncak saja.
    Kendala yang sebenarnya adalah kenapa profesi kesehatan terpecah pecah, kenapa kita tidak mau belajar dari PGRI, dari guru TK sp dosen ya PGRI.
    sementara organisasi profesi kesehatan saling kompetisi dengan kepentingan sendiri sendiri, mungkin 5 tahun lagi ada Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Ilmu Kesehatan Lingkungan, Kemudian muncul lagi Ikatan Sarjana Kesehatan Masyarakat Ilmu Kesehatan Lingkungan Sarana Air Bersih dan seterusnya. seperti dokter specialis sdh puluhan organisasi profesi telah bermunculan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: