PRODUK SUSU YANG TERDAFTAR TIDAK MENGANDUNG MELAMIN

Berdasarkan pemeriksaan dengan menggunakan metode LC MS/MS, produk-produk yang terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), yaitu Kino Bear Coklat Crispy; F&N Susu Kental Manis; Dutchmill Yoghurt Drink Natural; Pura Low Fat UHT Milk Beverage dan Crown Lonx Biskuit Rasa Coklat, hasilnya negatif (tidak mengandung melamin). Sedangkan dua dari lima produk yang tidak terdaftar di BPOM yaitu Yake Assorted Candies bentuk panjang dan lonjong terbukti mengandung melamin dengan kadar 5,86 ppm.

Pemeriksaan uji melamin yang dilakukan BPOM menggunakan metode LC MS/MS (Liquid Cromatografi Mass Spektrometer/Mass Spektrometer) sesuai dengan standar WHO. Sedangkan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dalam menguji produk pangan tersebut menggunakan metode HPLC (High Performance Liquid Cromatografi). HPLC tidak direkomendasi oleh WHO untuk mendeteksi produk berupa permen dan cookies (kue kering) karena akan memberi banyak pengaruh pada komponen bahan didalamnya sehingga keakuratannya tidak terjamin.

Hal itu disampaikan Kepala BPOM dr. Husniah Rubiana Thamrin Akib, MS. MKes, SpFK dalam jumpa pers di Ruang Rapat Pimpinan BPOM pada tanggal (6/03, 2009) di Jakarta, terkait pemberitaan 10 produk pangan kemasan yang mengandung melamin hasil pengujian YLKI.

Menurut dr. Husniah metode LC MS/MS merupakan metode yang paling dapat dipercaya berdasarkan standar WHO, karena dapat mendeteksi bahan yang benar-benar mengandung melamin secara tepat, sehingga keakuratannya terjamin. Oleh sebab itu Badan POM hanya merekomendasikan penggunaan LC MS/MS untuk mendeteksi adanya melamin dalam produk-produk pangan yang akan diedarkan di Indonesia.

Dr. Husniah menyatakan bahwa Indonesia tidak mentoleransi produk-produk pangan yang terindikasi adanya melamin dengan kadar tertentu hingga limit nol koma satu sekalipun. Sedangkan di Amerika, masih mentolerir kadar melamin dalam produk susu formula sebesar 1 ppm, dan untuk produk lainnya sekitar 2,5 ppm.

Kepala BPOM mengharapkan agar masyarakat tidak resah dan tidak ragu untuk mengkonsumsi produk-produk pangan yang sudah memiliki izin edar dari BPOM. Sedangkan untuk produk-produk illegal atau yang tidak terdaftar di BPOM sebetulnya tidak perlu menunggu pemeriksaan laboratorium, karena jika ditemukan langsung diamankan dan kemudian dilakukan pemusnahan. Seperti diketahui terdapat 10.000 lebih produk illegal, tegas Dr. Husniah.

Tabel Produk-Produk yang Terdaftar di BPOM dan Tidak Mengandung Melamin

No Nama Produk No Registrasi Nama Perusahaan Hasil Uji
1 Kino Bear Coklat Crispy, isi 3x 3,5 gr MD 662211108168 PT. Kinosentra Industrindo Tidak Terdeteksi
2 F&N Susu Kental Manis, isi 350 gr ML 505417006156 PD. Aneka Jaya Tidak Terdeteksi
3 Dutchmil Yoghurt Drink Natural, isi 180 ml ML 406505001229 PT. Nirwana Lestari Tidak Terdeteksi
4 Pura Low Fat UHT Milk Beverage, isi 1 liter ML 405708002189 PT. Sukanda Djaya Tidak Terdeteksi
5 Crown Lonx Biskuit Ras Coklat, berat 150 gr ML 827118009109 PT. Koin Bumi Tidak Terdeteksi

Tabel Produk yang Tidak Terdaftar di BPOM dan Sebagian Mengandung Melamin

No Nama Produk No Registrasi Hasil Uji
1 Yake Assorted Candies (permen coklat berbentuk panjang), berat 500 g Tidak Terdaftar (illegal) 5,86 ppm
2 Yake Assorted Candies (permen coklat berbentuk lonjong), berat 500 g Tidak Terdaftar (illegal) 5,86 ppm
3 Kembang Gula Tirol Choco Mix, isi 10 pcs Nomor Registrasi Fiktif
4 Nestle Bear Brand Sterilized Low Fat Milk, isi 140 ml Tidak Terdaftar (illegal) Tidak Terdeteksi
5 Fan Fun Sweetheart Biskuit Tidak Terdaftar (illegal)

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Departemen Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-5223002 dan 52921669, atau alamat e-mail puskom.publik@yahoo.co.id.

Satu Tanggapan

  1. thanks infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: