KAB.BANGGAI KEKURANGAN TENAGA KESEHATAN

LWK POST – Berbagai keluhan tentang pelayanan kesehatan di wilayah kecamatan nampaknya lebih disebabkan oleh kurangnya personil kesehatan di daerah ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, dr. Hariadi, MKes, kepada Luwuk Post, menyebutkan, jumlah tenaga kesehatan yang dibutuhkan di Kabupaten Banggai mencapai 1300 orang. “Itu jumlah yang ideal, namun yang ada saat ini baru tersedia sekitar 600 orang lebih,” katanya. Pernyatan tersebut sekaligus menjawab sorotan terhadap kinerja petugas kesehatan di lapangan.

Salah seorang pemuda Luwuk Timur, Thamrin Badolo, kepada Luwuk Post, mengungkapkan, warga desa Baya maupun Desa Lauwon Kecamatan Luwuk Timur memerlukan tambahan petugas kesehatan. Sebab, warga yang menderita sakit di desa itu tidak bisa hanya dilayani secara berkala. “Bagaimana pun yang namanya jatuh sakit tidak bisa diatur secara berkala,”  tuturnya.

Hariadi memahami apa yang dikeluhkan oleh warga tersebut. Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai lanjut Mantan Kepala Puskesmas Tangeban itu juga menginginkan satu desa dilayani oleh sedikitnya dua orang tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi yang berbeda, yaitu tenaga bidan dan tenaga keperawatan. “Kami menginginkan satu desa dilayani oleh dua orang tenaga kesehatan. Namun kondisi sekarang masih seperti itu.

Jangankan satu desa satu petugas. Ada desa yang bahkan tidak memiliki petugas. Karena itu alternatif yang dapat kami berikan adalah memberikan pelayanan secara berkala. Pelayanan seperti itu semata –mata untuk mengisi kekosongan petugas dan tidak bersifat permanen,” tuturnya. (ris)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: