KASUS DBD DI KAB.BANGGAI CENDERUNG MENGALAMI TREND PENURUNAN THN 2009

LWK POST – Berbagai kegiatan yang diprogramkan Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai untuk mengatasi kasus demam berdarah dengue nampaknya membuahkan hasil. Buktinya, selama lima bulan terakhir, kasus demam berdarah yang mencuat ke permukaan hanya sekitar 7 kasus saja. Jumlah tersebut relatif lebih rendah dibanding tahun 2008 lalu. Dimana selama periode bulan Januari sampai Mei mencapai 65 kasus.

Data yang dikantorngi Luwuk Post, menyebutkan,  selama tahun 2009 ini jumlah kasus demam berdarah paling banyak terjadi pada bulan Maret, yaitu lima kasus DBD. Sedangkan bulan Januari dan Mei masing–masing ditemukan satu kasus.

Sementara tahun 2008 lalu, selang lima bulan pertama, kasus DBD terbanyak ditemukan pada bulan Februari yaitu 30 kasus, Januari 2 kasus, Maret 13 kasus dan bulan April dan Mei masing-masing ditemukan 11 kasus.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, dr. Hariadi, MKes, yang didampingi Pengelola Penyakit DBD, Jeferson Supari, mengakui, selama lima bulan terakhir, Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai telah memaksimalkan berbagai program pencegahan DBD, mulai dari jumantik, penyemprotan maupun abatisasi.

“Juru pemeriksa jentik di setiap kelurahan kami aktifkan. Begitu juga dengan penyemprotan dilakukan melalui fogging yang diperluas, termasuk pemberian abatisasi,” kata mantan Kepala Puskesmas Tangeban itu.

Meskipun demikian, menurut Hariadi, Dinas Kesehatan masih akan mencermati program dan kegiatan mana yang paling efektif menekan angka DBD itu. “Apakah karena jumantik yang sukses, penyemprotan yang sukses atau karena abatisasi. Ini semua masih perlu riset, sehingga kedepan penanganan terhadap kasus DBD lebih maksimal lagi,” imbuhnya. (ris)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: