LUWUK BERPOTENSI TERSERANG FLU BABI (H1N1)

LWK POST– Sebagai kota yang cukup terbuka. Kota Luwuk berpotensi tertular flu babi. Karena itu, virus yang beberapa pekan terakhir menjadi momok dunia internasional tersebut perlu diwaspadai.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, dr. Hariadi, MKes, kepada Luwuk Post, mengatakan, penyebaran virus flu babi lebih ganas dibanding flu burung. Sebab, virus tersebut dapat menular dari manusia ke manusia. Selama masih ada peredaran ternak babi, menurut Hariadi, penyebaran virus tersebut tetap harus diwaspadai.

Apalagi, Luwuk merupakan kota terbuka, menyusul tingginya mobilitas masyarakat di daerah ini.  “Dengan dinamika masyarakat yang cukup besar, potensi kota Luwuk tertular cukup besar. Apalagi, orang asing bisa masuk ke kota ini,” katanya, kemarin.

Untuk mengatasi merebaknya virus tersebut menurutnya instansi terkait harus maksimalkan fungsinya. Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, misalnya, akan memaksimalkan surveylance ILI (Influenza Like Illness), yaitu survey terhadap penyakit yang menyerupai influenza. Termasuk bagi mereka yang memiliki riwayat kontrak dengan ternak babi yang mati mendadak atau manusia yang tersangka terserang flu babi.

Dijelaskan, gejala klinis seseorang terserang flu babi adalah demam tinggi yang mencapai 38 derajat Celcius, batuk pilek, lesu, letih, nyeri tenggorokkan, napas cepat atau sesak napas, dan biasanya disertai rasa mual, muntah, dan diare. “Bila seseorang mengalami hal tersebut, jangan diabaikan dan dianggap sepele. Karena kuman yang sudah berpindah dari inangnya (babi-red) biasanya lebih ganas,” katanya. (ris)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: