WARGA TERPENCIL SASARAN PENGOBATAN GRATIS OLEH DINKES BANGGAI

LWK POST – Dinas Kesehatan Banggai melalui program pembinaan daerah terpencil (Darcil) intens melakukan pelayanan medis di beberapa daerah terpencil di Kabupaten Banggai. Program tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat terpencil yang jauh dari pusat kota atau layanan kesehatan.

Seperti pengobatan gratis di tiga desa terpencil di wilayah Puskesmas Balantak Kecamatan Balantak, akhir pekan lalu. Tiga desa yang menjadi sasaran pelayanan daerah terpencil yaitu Desa Boloak, Desa Talima A dan Desa Talima B. Saat tim kesehatan berkunjung, suasana warga setempat tampak antusias karena kegiatan pengobatan gratis sangat langkah bagi warga terpencil. Untuk desa Boloak yang berjarak sekitar 20-an kilometer dari Puskesmas, seratusan lebih warga mengikuti pengobatan gratis.

Kasi Yankesmas Dinkes Banggai Mulyawan Maurani Amd Kep, mengatakan pengobatan gratis hari itu serentak di tiga desa. Karena jaraknya yang berjauhan tim kesehatan dibagi dua. “Alhamdulillah sambutan warga di Desa Boloak begitupun di Desa Talima A dan B juga sangat bangga dengan pengobatan gratis yang dilakukan dinas kesehatan,” kata Mulyawan.

Menurutnya salahsatu indikator daerah terpencil selain jarak yang jauh dan akses yang sulit dari Puskesmas jug di derah itu belum memiliki sarana kesehatan. Dijelaskan jumlah penduduk Desa Boloak sekitar 430 jiwa terdiri dari 107 KK dengan 98 rumah. “Sebagian besar rumah penduduk belum memenuhi syarat kesehatan karena belum permanen dengan kondisi memprihatinkan,” jelas Mulyawan.

Dari pengobatan di Desa Boloak sejumlah penyakit menonjol yang diderita warga yaitu dermatitis (gatal-gatal), Ispa, Gastritis, suspect malaria, asma, anemia dan radang artritis. Selain pengobatan juga pemberian perlengkapan PHBS seperti sabun mandi, alat pembersih dan lan-lain. “Kita juga melakukan penyuluhan seputar pentingnya perilaku hidup bersih sehat di sekolah yang diikuti murid sekolah dan masyarakat,” imbuh Mulyawan.

Sejumlah tim dokter yang diturunkan di antaranya dr I Wayan Suartika, dr Novi dokter PTT Puskesmas Balantak. Selanjutnya menurut Mulyawan pelayanan daerah terpencil masih akan dilakukan di wilayah Puskesmas yang lain di antaranya Desa Garuga di Puskesmas Mantok Kecamatan Lamala, dan Desa Bajo Poat yang merupakan daerah kepulauan wilayah Puskesmas Pagimana. (ris)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: