PEMAPARAN/SOSIALISASI RENCANA PEMBUKAAN PROGRAM KHUSUS DIII-KEBIDANAN DI LUWUK

Mengingat masih tingginya angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Banggai dipandang perlu untuk membuka sekolah khusus kebidanan untuk meningkatkan kompetensi bidan desa yang sudah ada di kabupaten banggai,dari data yang ada jumlah bidan di Kabupaten banggai sebanyak 259 orang baik yang ada di RS,Puskesmas,Akper,Dinkes,dan Klinik, dengan spesifikasi ilmu DIV,DIII,dan Bidan Desa (Bidan A dan C).

akper

Oleh karena itu diadakanlah pemaparan/sosialisasi rencana pembukaan program khusus DIII-Kebidanan di Luwuk,adapun sosialisasi tersebut diselenggarakan pada tanggal 2 juni 2009 di aula Dinkes Banggai. Pemaparan rencana pembukaan DIII-Kebidanan di paparkan oleh dr.Anang Otoluwa,MPPH selaku Direktur Akper Luwuk. Dalam pemaparannya disebutkan bahwa tujuan pembukaan program khussu ini untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM tenaga kebidanan. Jumlah peserta didik direncankan sebanyak 40 orang/kelas Lokasi pendidikan di Akper Luwuk.

peserta sosialisasi

Untuk tenaga pengajar/dosen yang ada sekiranya sudah cukup ,yakni berasal dari dosen poltekes, dosen tetap , dosen Akper, dan dosen luar biasa. Untuk peserta didik ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi diantaranya :

  1. Lulus Bidan A dan C
  2. Bekerja di pelayana kesehatan > 2 tahun
  3. Berbadan Sehat
  4. Sanggup mengikuti pendidikan
  5. Mendapat Izin tertulis dari pimpinan

akper3Dalam kegiatan sosialisasi tersebut dipaparkan juga rencana kurikulum pendidikan program khusus tersebut, dari kurikulum tersebut timbul pertanyan dari Derthan,SKM,M.Kes (Kasie. Promkes) Dinkes Banggai,beliau mengatakan bahwa dari hasil penelitian yang telah beliau lakukan dan penelitian yang ada menunjukan bahwa kemampuan bidan dalam hal konseling dan sosial masih sangat rendah yang menjadi faktor pemicu sehingga kematian ibu hamil masih cukup tinggi dan penanganan dan deteksi dini bumil beresiko tinggi yang masih rendah. Untuk itu beliau menyarankan agar dalam kurikulum pendidikan tersebut di masukan hal-hal yang terkait dengan peningkatan konseling dan sosial bidan.

a.Bekerja di pelayanan > 2 tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: