PELATIHAN KAPASITAS PETUGAS DALAM PENGELOLAAN DATA DAN INFORMASI UNTUK PENANGGULANGAN KRISIS KESEHATAN AKIBAT BENCANA

Dari hasil pemantauan Pusat Penanggulangan Krisis, pada tahun 2009 telah terjadi sebanyak 420 kejadian yang menimbulkan krisis kesehatan akibat bencana. Dari data yang telah dikumpulkan tersebut, jumlah korban meninggal sebanyak 272 orang, korban luka berat/rawat inap sebanyak 391 orang,  korban luka ringan/rawat jalan sebanyak 71.010 orang dan korban hilang sebanyak 19 orang serta pengungsi sebanyak 348.562 orang.

Melihat dampaknya, maka penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana harus dilakukan secara tepat dan cepat. Hal tersebut dapat dilakukan apabila didukung oleh data dan informasi yang cepat, tepat dan akurat mengenai kejadian bencana dan akibat yang ditimbulkannya.

Data dan informasi yang dikumpulkan tersebut sebagian besar belum dikelola secara baik, belum menggunakan formulir yang baku serta belum dilakukan oleh petugas khusus yang terlatih, sehingga validitas dan realibitasnya sering dipertanyakan. Selain itu mekanisme serta alur pengumpulan data yang baku belum ada.

Keadaan tenaga pengelola data dan informasi penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana saat ini belum mencukupi baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Hal ini merupakan salah satu hambatan yang cukup besar bagi perkembangan sistem informasi penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana. Dalam upaya meningkatkan kemampuan dan ketrampilan sumber daya manusia perlu dilakukan berbagai pelatihan yang diperuntukkan bagi tenaga pengelola data dan informasi penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 22 – 25 Juni 2010, bertempat di Hotel Makassar Golden, Jl. Pasar Ikan 52, Pantai Losari, Makassar

Materi yang akan diberikan dalam kegiatan ini adalah :

  1. Kebijakan dan Strategi Nasional Penanggulangan Krisis Kesehatan Akibat Bencana
  2. Sistem Informasi Kesehatan & Surveilans Bencana
  3. Sistem Informasi Penanggulangan Bencana
  4. Sistem Peringatan Dini
  5. Pedoman Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Akibat Bencana
  6. Teknologi Internet (Teori dan Praktek)
  7. Aplikasi Analisis Statisitk
  8. Statistik Kesehatan dan Metodologi Penelitian
  9. Rencana Tindak Lanjut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: