PERTEMUAN PEMUTAHIRAN DATA PROFIL

Kebutuhan informasi diberbagai jenjang, menuntut kemampuan penyedia informasi dalam menghasilkan informasi yang valid, tepat waktu dan sesuai kebutuhan.

Sistem Informasi Kesehatan belum sepenuhnya berfungsi secara efektif dan efisien dalam menunjang program-program kesehatan. Sementara kebutuhan data/informasi dalam menunjang pembangunan di daerah khususnya pembangunan kesehatan semakin meningkat untuk mencapai Visi “ Banggai Sejatera”. Untuk memantau visi tersebut setiap tahun digunakan indikator Indonesia Sehat dan Standar Pelayanan Minimal Kesehatan yang secara tetap dimuat dalam buku Profil Kesehatan Kabupaten Banggai. Sumber data Profil Kesehatan Kabupaten berasal dari Publikasi Banggai dalam angka dari BPS, Kepolisian, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, Rumah Sakit/Klinik Kesehatan, dan Laporan pencapaian program kesehatan di Puskesmas yang dituangkan dalam profil Kesehatan Puskesmas. Salah satu kendala dalam pengelolan data profil ini adalah masih kurangnya pemahaman pengelola puskesmas terhadap format tabel data itu sendiri (pemahaman definisi operasional tabel yang keliru). Sehingga data yang selama ini diolah, dianalisis dan disajikan belum semuanya dapat dimanfaatkan secara tepat guna.

Oleh karena itu diperlukan pertemuan untuk memvalidasi data yang ada, sehingga dapat menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna untuk melakukan perencanaan dan evaluasi pembangunan kesehatan.

Kegiatan Pemutahiran Data Profil Dinas Kesehatan Kab.Banggai dipandang perlu dilaksanakan karena dalam Pertemuan Pemutakhiran data, akan dilakukan review untuk memperoleh data profil kesehatan yang lebih baik di masa mendatang Sehingga tidak ada lagi perbedaan presepsi dalam penyajian data-data kesehatan dan akan mudah mengakomodir setiap permasalahan dan kebutuhan yang ada ditingkat Kabupaten dan Kecamatan dalam hal ini Puskesmas. Kegiatan Pemutahiran Data meliputi pemberian penjelasan tentang Kedudukan SIKDA terhadap SIKNAS, SPM, Data Terpilah, Pedoman Penyusunan Profil Kesehatan serta Diskusi menggunakan sistem DESK antara pengelola Program Kabupaten dengan Pengelola Data Profil Puskesmas. Dan diakhir kegiatan ini kami akan membuat rekomendasi bersama yang dapat menunjang pengelolaan Sistem informasi kesehatan di Kabupaten Banggai.

Pertemuan Pemutakhiran Data Tingkat Kabupaten Banggai di laksanakan tanggal 24 – 25 Januari 2011, bertempat di Gedung KONI Kabupaten­ Banggai.Adapun dalam pertemuan ini diikuti oleh : 20 orang pengelola program di Kabupaten dan 20 orang pengelola data profil puskesmas.

Satu Tanggapan

  1. seep, mantap bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: